kandungan dan manfaat nasi merah

kandungan dan manfaat nasi merah

Masih membahas tentang nasi merah, dimana nasi merah merupakan jenis nasi yang memiliki warna cokelat keunguan karena kulit ari pada berasnya tidak dihilangkan. Berbeda dengan nasi putih biasa yang telah diupas kulit ari dan lapisan seratnya, nasi merah masih mempertahankan lapisan serat dan kandungan gizi yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan dan manfaat nasi merah yang mungkin kalian belum ketahui:

  1. Serat Tinggi, dalam jurnal nutrisi Eropa (2006), yang berjudul "Glucose and insulin responses to whole grain breakfasts varying in soluble fiber" dimana studi tersebut dilakukan pada wanita yang mengalami obesitas, dengan penelitian peningkatan risiko resistensi insulin. Dimana nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih biasa. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.
  2. Kaya akan Antioksidan, Nasi merah mengandung senyawa antioksidan, seperti vitamin E dan selenium, yang membantu melawan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh akibat radikal bebas, sudah banyak jurnal yang meneliti kandungan oksidan dalam beras merah tersebut, baik jurnal nutrisi maupun pertanian, seperti jurnal yang berjudul "Effects of Vegetables on Cardiovascular Diseases and Related Mechanisms" (2018) yang membahas tentang hubungan antara konsumsi sayuran dan risiko penyakit kardiovaskular, serta memeriksa mekanisme biologis yang mungkin terlibat dalam manfaat kesehatan tersebut, dimana beras merah menjadi salah satu bahan penelitian.
  3. Nutrisi Lebih Lengkap,  dalam jurnal makanan internasional (2009) yang berjudul "Low glycemic index legumes in the context of the traditional Asian diet" yang mengkaji pengaruh konsumsi legum (kacang-kacangan) dengan indeks glikemik rendah dalam konteks diet tradisional Asia. Beras merah mengandung lebih banyak nutrisi daripada nasi putih biasa. Ia kaya akan vitamin B kompleks, mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor, serta fitonutrien yang penting untuk kesehatan tubuh.
  4. Manfaat Kesehatan, konsumsi nasi merah secara teratur telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang beragam, termasuk pengendalian berat badan, penurunan risiko penyakit jantung, dan pengaturan gula darah. Dampak konsumsi makanan, pola makan, atau zat-zat tertentu pada mitigasi atau pencegahan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kondisi medis yang terdiri dari serangkaian faktor risiko kesehatan, termasuk obesitas, resistensi insulin, tekanan darah tinggi, kadar lipid darah yang abnormal, dan kadar gula darah tinggi. Artikel ini mungkin berfokus pada berbagai aspek terkait dengan konsumsi makanan dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi sindrom metabolik dimana dampak tersebut pernah diteliti pada terbitan jurnal tahun 2018 yang berjudul "consumption and its potential in mitigating metabolic syndrome".
Mungkin 4 kandungan dan manfaat nasi merah yang mungkin dapat menjadikan referensi untuk anda sekalaian, sehingga dapat melakukan diet dengan lebih matang.

No comments: