disable UAC di Windows 7

Jika Anda pernah menggunakan windows Vista, maka kemungkinan Anda mengatakan 1000 kali "Oh Vista UAC betapa aku benci kamu." UAC di windows 7 adalah jauh lebih baik daripada vista, tapi jika Anda masih tidak suka, Anda dapat menonaktifkan itu.

Buka kontrol panel\System and Security\pada Action Center lalu klik Change User Account Control settings, tarik comfort-level ke bawah sampai never notify(paling bawah)\ok. Lalu restar komputer anda.

UAC yang diperkenalkan di Windows Vista secara default memberikan hak akses pengguna biasa dan bukan lagi administrator seperti pada XP. Microsoft berpendapat perubahan ini akan mencegah pengguna memodifikasi konfigurasi sistem atau mematikan aplikasi anti virus secara tidak sengaja dan lain-lain. Saat UAC aktif, pengguna menerima banyak notifikasi yang tidak jelas saat Vista merasa pengguna melakukan hal-hal yang berbahaya.

Apabila Anda pengguna Linux, tentunya penjelasan di atas sudah tidak asing lagi bagi Anda. Banyak distro Linux populer (contohnya Ubuntu) tidak mengijinkan pengguna untuk login menggunakan akun root (administrator) dalam konfigurasi bawaan, dan apabila ingin menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan hak akses lebih, Linux akan meminta Anda untuk terlebih dahulu mengetikkan sandi untuk mendapatkan hak otorisasi yang lebih. Jadi mengapa UAC begitu kontroversial saat diperkenalkan di Vista?

Ada beberapa alasan:

1. Sebagian besar pengguna Windows tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk memahami penjelasan di atas serta keuntungan berupa tingkat keamanan yang lebih dengan diperkenalkannya UAC
2. Sebagian besar aplikasi Windows tidak didesain dengan baik, menurut Fathi saat Vista pertama kali diluncurkan 775.312 aplikasi unik mengaktifkan UAC karena "sebagian besar ekosistem perangkat lunak meminta otorisasi admin yang sebenarnya tidak dibutuhkan." Angka ini kini telah turun menjadi 168.149 karena pengembang aplikasi telah mengikuti desain Vista


No comments: