Sifat dan Watak Gajah Mada

  1. Widjna, artinya berlaku bijak sana dengan penuh hikmah dalam menghadapi kesukaran atau peristiwa-peristiwa yang sangat penting. Peristiwa ini di perlihatkannya pada waktu memadamkan pemberontakan-pemberontakan yang terjadi.
  2. Mantriwira, artinya seorang pembela negara yang selalu berani. keberanian ini di buktikan dalam bermacam-macam pertempuran dalam membela dan meluaskan panji-panji kerajaan Majapahit.
  3. Wicaksaning Naya, artinya sifat kebijaksanaan dalam segala tindakan. Kebijaksanaan ini dapat di lihat baik dengan lawan maupun kawan, baik bangsawan maupun rakyat kecil. kebijaksanaan ini memberi corak dan warna kepahlawanan Gajah Mada.
  4. Matangwam, artinya menjadi kepercayaan rakyat. Gajah Mada selalu mendapat kepercayaan rakyat negara dan kelakuannya tidak pernah mengabaikan kepercayaan yang diberikan, ia bekerja unutuk kepentingan umum.
  5. Satya Bhakti Aprabu, artinya setia dengan hati yang ikhlas.
  6. Wagni Wak, artinya pandai pidato untuk mengutarakan sehala kebijaksanaannya.
  7. Sardjawo Pasama, artinya tingkah laku yang memperlihatkan kerendahan hati dan bermuka manis, tulus ikhlas lurus dan sabar. sifat sifat ini merupakan sifat Gajah Mada yang ahli dalam bidang politik/diplomasi.
  8. Dhitsaha, artinya selalu bekerja rajin dan sungguh sungguh, serta mempunyai keteguhan hati.
  9. Tanlalana, artinya yaitu sifat yang bangun tegak dan selelu bertindak cepat.
  10. Dwijatjiwa, artinya selalu bertindak baik dalam hubungan dengan orang lain dan selelu siap mendengarkan bermacam-macam pikiran, dengan hati tenang walaupun kadang-kadang tidak setuju.
  11. Sumantri artinya menjadi pegawai negara yang sopan tindak tanduknya.
  12. Tansatrana, artinya tidak mempunyai keinginan perseorangan/pribadi atau hendak membahagiakan diri apa lagi masalah wanita/sex.
  13. Sih Samasta Bhuana, artinya kasih sayang pada sesama. kelanggengan dunia dan kesementaraan barang yang ada ke dua-duanya di sayanginya.
  14. Ginong Pratikina, yaitu selalu mengerjakan yang baik dan membuang kelakuan yang tidak sempurna. Gajah mada menjadi Patih Majapahit selama 33 tahun tanpa cacat.
  15. Hanyakan musuh, artinya dengan tegah mengenyahkan musuh-musuh yang mneghalangi dan mengacau kemajuan negara.

No comments: