Musyawarah dan Debat

Kalau kita lihat dimedia, media sering kita melihat acara yang menyajikan pedebatan untuk membahas suatu peistiwa/masalah yang sedang trending topiknya di media/masyarakat. Lalu apakah itu temasuk jalan keluar dalam menyelesaikan opini di myarakat? Sebelumnya kita harus mengetahi apa itu artinya musyawarah dan apa itu yang dikataka debat.



Dalam kamus bahas indonesia KBBI tebaru, mu·sya·wa·rah ialah pembahasan bersama dng maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah; perundingan; perembukan, sedngkan de·bat /débat/ ialah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dng saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing: debat tt calon presiden mendapat perhatian dr masyarakat.

Jadi keduanya sangatlah betolah belakang, sama-sama behadapan dan betemu namun yang satu menyelesaikan masalah namun yang satu memperuncing masalah jika kalah dalam penyampaian, musyawarah lebih menitik beratkan pencapaian atas penyelesaian masalah, namun debat menitik beratkan pada mempetahankan pendapat maing-masing. Jadi jangan mudah tekecoh dengan media yang menyuguhkan pedebatan, cukup kita mendngar dan menyimak pengetahan yang belum kita tahu, dan tidak menyimpulakan secara cepat tehadap pedebatan tersebut.

Semoga kita menjadi pemirsa yang bijaksana dalam menyikapi acara televisi yang menyajikan pedebatan, salam blogger.

No comments: