Gejala Awal Stroke Dapat Diketahui

Stroke  (penyakit pembuluh darah otak) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pembuluh darah di otak tiba-tiba pecah, sehingga menyebabkan kematian jaringan otak.
Jika seorang memiliki satu atau beberapa dari tanda-tanda atau gejala berikut,meskipun hanya sesaat, bisa jadi memilki risiko terkena stroke. Tanda-tanda ini termasuk diantaranya kehilangan penglihatan secara tiba-tiba, merasa lemah pada wajah, lengan atau kaki, kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, sakit kepala parah, pusing, kehilangan keseimbangan.

Selain cacat fisik, 30-50% dari penderita stroke menderita depresi pasca stroke ditandai dengan : mudah marah, penurunan harga diri dan ganguan tidur. Dalam beberapa kasus, depresi dapat mengurangi motivasi dan pemburukan kondisi pasien. Sebuah tes F.A.S.T. yang sederhana juga dapat dilakukan dirumah untuk membantu mendeteksi gejala stroke secara dini.
F = Face (Wajah), tersenyumlah, pakah ada salah satu sisi wajah tidak terangkat?
A = Arm (lengan), angkat kedua tangan, apakah ada salah satu legnan yang jatuh kebawah?
S = Speech (Bicara), mengulangi kalimat sederhana, apakah suara terdengar cedala atau aneh?
T = Time (waktu), jika seseorang memeiliki masalah mengikuti perintah diatas, maka jangan tunda lagi, bantuan medis harus segera dipanggil.
Diharapkan dengan mengetahui tiga hal tersebut, tindakan perawatan medis dapat segera dan tepat dilakukan, untuk membantu menurunkan tingkat kematian yang lebih rendah dan tingkat kecacatan dari troke.

====>> dikutip dari majalah Infolantas

No comments: