Cara Praktis Meredakan Stres

      Stres merupakan reaksi tubuh terhadap rangsangan fisik, mental maupun emosi (baik dari luarmaupun dari diri kita) yang cenderung mengesalkan kita. Ketika reaksi ini berlebihan, ganguan kesehatan bisa muncul. Biasanya penyakit berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, serta kangker.
     Untuk mengendalikan stres, disarankan agar kita mengetahui sumber atau penyebabnya. Bisa dari pikiran anda, bisa juga dari lingkungan anda. Untuk meredakannya buatlah strategi untuk mengetasinya. 
berikut ini beberapa saran untuk membantu anda meredakan stres :

  1. Bangunlah lebih pagi. idealnya satu jam lebih awal dari biasanya. Gunakan waktu yang ada untuk menata atau merencanakan kegiatan hari itu juga.
  2. Bagilah beban kerja dengan keluatga atau rekan anda.
  3. Saat bekerja, sisihkan waktu untuk istirahat. Sekalipun hanya 10 menit, ini berguna untuk menjernihkan pikiran dan menarik napas.
  4. Lakukan gerakan badan. Bila tidak ada waktu, cobalah lebih banyak berjalan kaki atau naik tangga.
  5. Jangan paksa diri anda menjadi manusia sempurna, itu jelas suatu yang mustahil.
  6. Belajarlah untuk berani mengatakan "tidak".
  7. Rapikan rumah dan meja kerja anda dari benda-benda yang tidak berguna.
  8. sekali duduklah santai untuk menikmati secara khusus musik-musik kesukaan anda, bila anda tidak suka musik, belajarlah menyukainya!
  9. Tumbuhkan sikap mudah memaafkan. menyimpan dendam hanya akan merugikan kesehatan anda sendiri.
Mungkin strategi-strategi tersebuh dapat meredakan kesenjangan anda yang membuat anda mengalami stres, sekian terima kasih.

No comments: