Bad-News Tentang Orang Lain

Bad news tentang orang biasanya terkait dengan hal-hal ebagai berikut : Penolakan untuk menulis surat rekomendasi, surat penolakan lamaran pekerjaan, dan surat penolakan kredit. Dibawah ini akan dibahas satu persatu dengan pendekatan yang sebaiknya digunakan dalam melakukan penolakan. 

1.   Penolakan Menulis Surat Rekomendasi.
     Bagaiamana menulis surat penolakan untuk sebuah surat rekomendasi. Pada prinsipnya penolakn ini dapat menggunakan pendekatan perencanaan langsung dan tidak langsung. Yang perlu diperhatikan adalah  alasan atas penolakan tersebut harus dinyatakan secara ringkas dan jelas.

2.   Penolakan Lamaran Pekerjaan.
    Dalam mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia, biasanya perusahaan berusaha memenuhinya baik dari intern atau dari ekstern perusahaan. Kenyataannya, pelamar selalu lebih banyak dibandingkan lowongan yang tersedia, terlihat dari surat lamaran yang masuk. Untuk menjawab surat lamaran yang memenuhi persyaratan, maka pendekatan perencanaan langsung yang digunakan, dan bagi surat lamaran yang ditolak dapat digunakan pendekatan perencanaan tidak langsung.
 3.   Surat Penolakan Kredit.
     Penolakan atas pengajuan kredit dapat disebabkan oleh berbagai alas an, baik yang terkait persyaratn administrasi yang tidak lengkap, tujuan kredit tidak sesuai dengan peruntukannya, atau terkait karakteristik atau kondite orang bertanggung jawab yang dianggap kurang baik. Pendekatan yang dapat digunakan pendekatan organisasional perencanaan tidak langsung.

No comments: