Ide dan Gagasan Sebagai Motivasi

Tanpa kita sadari dalam pikiran kita sebenarnya banyak sekali ide dan gagasan untuk menuju sesuatu yang lebih luar biasa/menjadi lebih baik dari sebelumnya, dimana ide itu timbul dengan sendirinya tanpa kita sadarai ide dan gagasan tersebut datang pada saat-saat tertentu sehingga kadang kita hany menganggapnya sebagai hal yang biasa saja atau mungkin kita pesemis untuk melakukannya karena bukan ranah kita untuk melakukan hal tersebut. Ide dan gagasan ini juga pernah saya waktu melakukan perjalanan keluar kota di jalan beberapa ide muncul dengan sendirinya, entah itu bersifat inisiatif ataukah bersifat mengkritik (membangun), namun apa kaitannya? Mari kita kupas satu persatu ide tersebut.
Ide yang bersifat inisiatif tersebut muncul pada waktu melakukan perjalan dengan rombongan teman satu kelas, dalam rombongan tersebut maka timbullah Inisiatif untuk saya pada waktu itu karena sebuah pemikiran “kita start bersama-sama maka kami harus sampai tujuan bersama-sama pula” dengan pemikiran itulah ide saya muncul dengan sendirinya, untuk mengawal sebagai pimpinan rombongan, mengatur kecepatan tempuh dan pengambilan rute yang terbaik untuk rombongan, karena saya di posisi didepan saya harus kerap melihat belakang melalui sepion untuk menjaga jarak agar kelompok pada waktu kami sedang melakukan perjalanan, itu merupakan sebuh inisiatif sekaligus sebagai tanggung jawab sebagai seorang anggota dalam tim.
Untuk ide yang bersifat mengkritik yang membangun ya kontruksi jalannya itu sendiri, pasalnya jalan di kota kami sangat sungguh menyedihkan sekali. Kebanyang bagai mana jeleknya jalan di kotaku sampai penambalan jalan saja kerap memakai tanah maksimal pakai batu cadas yang kekuatannya hanya bertahan beberapa hari, setelah itu menambah ketidak nyamanan bagi para pengguna jalan. Saat itu muncul ide kalau sebelum membangun harus lah seperti ini, seperti itu dulu, aspalnya harus yang memiliki kualitas begini dan begitu, Selanjutnya terayang-ayang di pikiran bangai mana jikalau itu terjadi, itulah pikiran kita, akan selalu merespon sesuatu yang kita lihat, apakah itu dengan positif maupun negatif, lalu bagai mana kita mengkaji semua itu dengan kenyataan, itu lah yang akan selalu menjadi harapan dan semoga kita tidak hanya menaruhnya di angan-angan kita dalam bayang-banyang.
Dengan adanya ide dan daya pikir kita untuk mengkaji sesuatu yang kita lihat seharusnya menjadikan sebuah motifasi tersendiri bagi kita untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat, dengan catatan mewujudkan satu persatu persatu, jika itu memungkinkan untuk diwujudkan, jika tidak kita bisa menggunakan alternatif lain untuk mewujudkannya, entah itu berupa tulisan dan trobosan-trobosan yang lain, karena dengan mewujudkan satu persatu maka motivasi itu akan bertahan lama dan ide itu akan selalu muncul, semua itu akan berkaitan lagi dengan apa yang saya tulis diatas tadi, tinggal kita mau tidak tidak untuk mewujudkan ide-ide yang inovatif tadi sehingga memberikan kepuasan tersendiri untuk kita. Diharapkan menjadi gagasan untuk membangun kontruksi jalan seperti yang saya alami waktu perjalanan tadi. Pada suatu kesempatan setidaknya kita mencatat beberapa ide yang muncul waktu kita dan sedang apa di dalam sebuah cataatn entah itu di HP atau dibuku catatan kecil, dengan pengambangan di lain kesempatan, hal ini dilakukan untuk tetap memberikan motifasi tersendiri di dalam hidup kita. Semoga kita selalu memberikan terbaik bagi kehidupak kita, karena hidup kita tidak akan berubak kecuali kita yang merubah sendiri, tentunya dengan ide dan gagasan yang tadi.

No comments: